Majalah Marketing Ed. Agustus 2014

Size : 24 Mb

Salah satu strategi yang harus dimaksimalkan jika ingin memenangkan persaingan di pasar yang ketat adalah strategi distribusi. Tak ada konsumen yang suka jika mereka menginginkan suatu produk, tapi produk tersebut sulit dijangkau atau ditemukan. Terlebih untuk produk yang banyak substitusinya. Kalah dalam strategi distribusi, maka produk yang bersangkutan terancam tersingkir.

Saat memasuki era digital, otomatis saluran distribusi juga terus bertambah banyak dan semakin variatif. Distribusi kini semakin menjadi diferensiasi dari strategi perusahaan yang bisa memberikan value tersendiri baik bagi perusahaan atau konsumen, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang baru.

Contoh Motorola yang kini mencoba bangkit lagi dengan hanya memanfaatkan e-commerce sebagai satu-satunya saluran distribusi. Motorola tidak lagi menggunakan distribusi konvensional lewat toko-toko fisik. Ini hanya salah satu contoh dari pengembangan saluran distribusi. Sebenarnya masih banyak contoh bagaimana suatu perusahaan bisa mengembangkan jaringan distribusinya dengan memanfaatkan segala saluran yang ada.

Dengan kata lain, semua jalur atau saluran lewat media digital diperkirakan akan menjadi saluran distribusi yang sangat ampuh. Pertanyaannya, kapan e-commerce akan meledak di Indonesia? Walaupun masih terdapat banyak kendala, sistem distribusi e-commerce perlahan tapi pasti semakin mendapat tempat di Indonesia. Internet sebagai saluran distribusi masa Depan tinggal menunggu waktu saja.

Di luar negeri, bahkan perusahaan sudah merasa sulit bersaing hanya dengan mengandalkan toko ritel fisik tanpa melengkapi diri dengan website dan kanal e-commerce yang lain. Intinya kita sebagai marketer dituntut terus bisa menciptakan inovasi baru agar perusahaan bisa menyalurkan produknya dengan tepat pada target konsumen yang dituju.

Majalah MARKETING edisi Agustus 2014 ini mengulas tuntas strategi perusahaan yang mencoba memanfaatkan e-commerce sebagai saluran distribusi. Sejauh mana perusahaan-perusahaan tersebut telah mengaplikasikan e-commerce dan bagaimana tingkat keberhasilannya? Simak pula liputan tentang Top Brand Fase kedua pada tahun 2014 ini. Semoga bermanfaat.

Redaksi Majalah MARKETING mengucapkan Hari Raya Idul Fitri 1435 H Minal aidi walfaidzin, mohon maaf lahir Batin.

- See more at: http://www.majalahmarketing.com/shop/kapan-e-commerce-akan-meledak/#sthash.thqeBUTR.dpuf

 

Untuk mendownload file, Anda harus login terlebih dahulu.

Jika Anda belum menjadi member,silakan daftar disini.